Mengenal Cabang-Cabang Ilmu Biologi



Biologi, Istilah ini diambil dari bahasa Yunani kata "bios" yang berarti hidup dan "logos" yang berarti ilmu pengetahuan. Biologi adalah ilmu yang mempelajari tentang berbagai  organisme hidup. Organisme hidup bisa menjadi bakteri bersel satu atau organisme bersel beberapa seperti hewan atau tanaman. ilmu biologi diklasifikasikan menjadi berbagai cabang, tergantung pada organisme dipelajari, dan adalah bidang yang luas.
Berikut cabang-cabang ilmu biologi

The zoologi  (Ilmu hewan)
 
Ini adalah cabang dari biologi yang mempelajari hewan. The zoologi Istilah berasal dari istilah Yunani "Zoon" yang berarti hewan dan "logos" yang berarti ilmu pengetahuan. Zoologi dibagi menjadi Terapan Zoologi , studi tentang produksi dan non produksi hewan, sistematis zoologi , berurusan dengan evolusi dan taksonomi atau ilmu penamaan makhluk hidup dan organisme zoologi , studi hewan di biosfer kita.

Terapan Zoologi dibagi lagi menjadi, Budidaya , yang melibatkan produksi dan pemeliharaan hewan dan tumbuhan air tawar dan air laut, Piggery, yang meliputi studi dari segala sesuatu yang berhubungan dengan babi, Terapan Entomologi, yang meliputi manipulasi serangga untuk kepentingan manusia,Vermiculture, yang merupakan peternakan cacing yang menggali tanah, untuk produksi pupuk alami, Unggas Sains, studi tentang burung peliharaan seperti angsa, kalkun dan ayam, Parasitologi, berurusan dengan studi parasit, Radiasi Biologi, yang menggunakan sinar gamma , X-ray, elektron dan proton untuk kesejahteraan manusia, Bioteknologi, yang berlaku prinsip-prinsip rekayasa untuk pengolahan bahan oleh faktor biologis, Terapan Embriologi, yang mencakup budaya tabung uji (kultur embrio) untuk meningkatkan produktivitas dari sapi, kultur Jaringan , melibatkan budaya jaringan tanaman dan sel-sel dalam lingkungan buatan, susu Sains , yang berkaitan dengan susu atau produk susu terkait, Teknologi pestisida, yang merupakan studi tentang pestisida dan menggunakan mereka, Nematologi, yang berkaitan dengan studi cacing gelang organisme dan kontrol mereka , Ornitologi, yang merupakan studi tentang burung, Herpetologi, studi reptil, Iktiologi, yang merupakan studi tentang ikan dan Mammology , WHI ch mencakup studi mamalia.

Entomologi (Ilmu serangga) 

Salah satu sub cabang adalah entomologi, yang secara eksklusif didasarkan pada serangga. Berkonsentrasi pada mempelajari taksonomi, fitur, adaptasi, peran dan perilaku serangga.

Etologi

Sesungguhnya berbicara, etologi datang di bawah zoologi dan berhubungan dengan adaptasi perilaku hewan, khususnya di tempat-tempat hunian alami atau asli mereka.

Anatomi

Berlaku untuk menanam anatomi dan hewan anatomi, melibatkan mempelajari struktur rinci, organ internal dan fungsi masing-masing organisme.

Fisiologi

Fisiologi didefinisikan sebagai studi tentang berbagai fungsi dan proses organisme hidup. Fisiologi dibagi lagi menjadi Evolutionary fisiologi , yang merupakan studi tentang evolusi fisiologis, sel fisiologi - studi mekanisme sel dan interaksi, perkembangan fisiologi , yang melibatkan studi tentang proses fisiologis dalam kaitannya dengan evolusi embrio, Lingkungan fisiologi , yang berkaitan dengan Studi respon tanaman untuk agen seperti suhu, radiasi dan api dan Perbandingan Fisiologi , kira-kira dijelaskan sebagai studi tentang hewan kecuali manusia.

Genetika

Hal ini dianggap sebagai bidang menarik studi dan merupakan cabang dari biologi. Genetika adalah studi tentang gen. Istilah ini berasal dari bahasa Yunani kata "genetikos" yang berarti "asal". cabang biologi mempelajari tentang aspek keturunan dari semua organisme hidup. Studi tentang pewarisan sifat-sifat dari orangtua telah dimulai pada pertengahan abad kesembilan belas dan dipelopori oleh seorang ahli biologi terkenal Gregor Mendel. Ilmu genetika modern didasarkan pada fondasi diletakkan oleh ahli biologi ini.

Botani

Studi tentang kehidupan tanaman atau phytology dikenal sebagai botani. Salah satu yang paling menonjol di antara berbagai cabang biologi, botani adalah subjek yang luas dan mempelajari kehidupan dan perkembangan jamur, ganggang dan tanaman. Botani juga probe ke dalam struktur, pertumbuhan, penyakit, kimia dan sifat fisik, metabolisme dan evolusi spesies tanaman. Botani menyiratkan pentingnya mempelajari kehidupan tanaman di bumi karena mereka menghasilkan makanan, serat, obat-obatan, bahan bakar dan oksigen.

Evolution Biology (Evolusi Biologi)

Seperti yang kita semua tahu, organisme yang sangat maju telah berevolusi dari bentuk yang lebih sederhana. Ada cabang tertentu biologi, yang disebut evolusi biologi yang berfokus pada evolusi spesies.

Developmental Biology (Biologi Perkembangan)

Seperti namanya menandakan, biologi pembangunan membantu mahasiswa dalam mempelajari berbagai tahapan pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup.

Ekologi

Ekologi merupakan cabang biologi yang mempelajari interaksi berbagai organisme dengan satu sama lain, dan kimia dan lingkungan fisik. cabang biologi mempelajari masalah lingkungan seperti polusi dan bagaimana hal itu mempengaruhi eco-siklus. Ekologi istilah berasal dari istilah Yunani "oikos" yang berarti "rumah tangga" dan "logos" yang berarti "studi". Seorang ahli biologi Jerman, Ernst Haeckel, menciptakan ekologi jangka pada tahun 1866.

Cryobiology

Hal ini berkaitan dengan efek suhu yang sangat rendah dalam sel dan organisme hidup secara keseluruhan.

Biokimia

Cabang biologi mempelajari proses kimia dalam semua organisme hidup. Biokimia merupakan cabang ilmu yang mempelajari fungsi dari komponen seluler seperti asam nukleat, lipid, protein dan berbagai bio-molekul lainnya.

Cytology and Molecular Biology (Sitologi dan Biologi Molekuler)

Studi mendalam tentang sel bersama dengan struktur, fungsi, bagian dan kelainan semua belajar di bawah biologi sel atau sitologi. Demikian juga, studi organisme pada tingkat molekuler disebut biologi molekuler.

Marine Biology (Biologi kelautan)

Biologi kelautan mempelajari ekosistem lautan, hewan laut dan tanaman. Ada sebagian besar kehidupan laut yang masih belum dijelajahi. Anda benar dapat mengatakan bahwa biologi kelautan merupakan cabang dari oseanografi, yang, sekali lagi, sebuah cabang dari biologi.

Bioinformatika

Bioinformatika pada dasarnya berhubungan dengan studi genom dengan aplikasi pengolahan data, pengetahuan komputasi dan aplikasi statistik.

Mycology (Ilmu jamur)

Menurut modern taksonomi, jamur (jamur tunggal) bukanlah tanaman atau binatang. Ini milik kelompok hidup yang berbeda dan belajar di bawah subjek, mikologi.

Biofisika

Biofisika melibatkan studi tentang hubungan antara organisme atau sel-sel hidup dan energi listrik atau mekanik. Biofisika dibagi lagi ke dalam sub-cabang: Molecular Biofisika , yang mendefinisikan fungsi biologis dalam kaitannya dengan perilaku dinamis dan struktur molekul berbagai sistem kehidupan seperti virus, Bio mekanik adalah studi tentang kekuatan diterapkan oleh otot-otot dan gravitasi pada tulang, bio listrik - studi arus listrik yang mengalir melalui otot dan saraf dan tegangan statis sel biologis, seluler Biofisika , yang menggabungkan studi tentang fungsi membran dan struktur, dan eksitasi seluler dan Quantum Biofisika , yang meliputi studi tentang perilaku materi hidup pada molekul dan tingkat molekuler sub.

Aquatic Biology (Biologi air)

Ini melibatkan studi tentang kehidupan di dalam air, seperti studi tentang berbagai spesies hewan, tumbuhan dan mikro-organisme. Menggabungkan studi tentang air tawar dan laut organisme air. Kadang-kadang, biologi air juga disebut sebagai limnologi.

Biologi sebagai ilmu memberi kita kesempatan untuk melakukan pengamatan, mengevaluasi dan memecahkan masalah yang berkaitan dengan tumbuhan dan hewan. Jika Anda tertarik dalam biologi, mengejar karir di setiap cabang biologi dapat sangat bermanfaat.

1 komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.